Secara sekilas bisa jadi banyak yang menyangka mobil ini merupakan Nissan Juke modifikasi dengan cat doff serta body kit, tetapi jangan coba- coba menantang mobil ini buat lari sebab dibalik penampilannya ada jiwa Nissan GT- R.
Cocok namanya Juke- R mobil ini merupakan penggabungan body Juke dengan mesin serta kaki- kaki GT- R. Mobil ini terbuat oleh Ray Mallock Ltd( RML) yang ialah konstruktor balap serta sempat menanggulangi Nissan Primera BTCC tahun 90an.
Kemudian apa tujuan proyek ini? Sesungguhnya lebih ke membuat mobil buat show serta pula membuktikan keahlian engineering RML. Sesi dini diawali dari desain pc CAD dimana ditemui body Juke dapat saja masuk ke chassis GT- R diperpendek.
Oleh sebab itu satu buah GT- R dijagal serta serta sumbu rodanya dipendekan sampai 250 milimeter. Sehabis itu dicoba pengetesan buat memandang ketahanan chassis yang untungnya sukses tanpa permasalahan.
Berikutnya merupakan memotong body Juke, semacam mayoritas mobil modern. Juke mempunyai body monokok serta bila bagian dasar dipotong hingga body tidak mempunyai penopang. Buat itu dipasang pipa- pipa tubular selaku penguat body.
Bodi sudah siap dan saatnya memadukan mesin dan transmisi GT-R dengan bodi Juke. Tidak hanya mesin dan suspensi, beberapa bagian GT-R juga telah dicangkokkan, seperti layar MFD khas GT-R dan bahkan jok rendah. Seluruh bagian mobil tersebut kemudian diuji oleh Nissan Eropa untuk memastikan kualitas pemasangannya sama dengan standar Nissan.
Seluruh proses konversi memakan waktu 22 minggu dan menghasilkan mesin VR38DETT yang menghasilkan 485 tenaga kuda melalui sistem penggerak semua roda. 0-100 km/jam dapat mencapai kecepatan tertinggi 257 km/jam dalam 3,7 detik. Tak heran jika saat itu Nissan mengklaim Juke sebagai crossover tercepat di dunia.
Awalnya Juke-R memang prototipe, tapi rupanya beberapa orang kaya yang gila menginginkan mobil itu, dan Nissan dan RML memproduksi Juke-R edisi terbatas pada tahun 2012 seharga $590.000 atau setara dengan Rs 850 crore.
Pada tahun 2015 Nissan memamerkan Juke-R 2.0, mobil itu merupakan prototipe dari Juke-R asli yang Anda lihat pada gambar di atas, tetapi diperbarui dengan body kit baru yang mirip dengan GT-R, termasuk bumper, side skirt, bawah dan sayap.
Tenaga mesin meningkat secara signifikan dengan menggunakan mesin berspesifikasi 591 tenaga kuda GT-R Nismo. 0-100km/jam kini turun menjadi 3,3 detik, masih mewarisi penanganan tepat GT-R daripada terasa seperti GT-R bersumbu pendek.
Awalnya, Nissan membatasi produksi Juke-R menjadi 23 unit (diambil dari kata Jepang untuk 23, diucapkan Ni dan San). Namun belum jelas berapa unit yang diproduksi, namun secara resmi ada enam unit Juke-R, dua di Eropa dan dua di Timur Tengah. Tetapi beberapa mengklaim bahwa hanya 4, atau bahkan 5, yang diproduksi.
Menariknya, Nissan Juke-R sudah mencicipi aspal Sentul, bahkan pada 23 April 2015 lalu, beberapa media diundang untuk mencicipi mobil tersebut. Saat itu, Nissan Motor Indonesia menyatakan tidak akan menjual Juke-R karena terlalu mahal. Namun NMI nisa menghubungkan calon pembeli dengan Nissan Eropa. Sayangnya, tidak ada orang Indonesia yang tertarik dengan crossover gila ini.
Referensi: CodyMaxx Edisi 21 2012





No comments
Post a Comment