Sebentar lagi lebaran datang, mungkin ada yg sedang mempertimbangkan membeli mobil kecil utk keperluan mudik atau mobil pertama atau mobil pengganti dengan dana sekitar 55-65jt di luar ibukota negara
sekedar sharing salah satu kandidat yg layak dipertimbangkan meskipun ini statusnya underdog, karena merk korea, Kia Picanto Old atau Kia Picanto Gen 1, keluar masih CBU dari tahun 2004-2006, kebutulan sy sudah memakai picanto old manual ini setahunan, ada varian manuil dan varian matic
Picanto old menggunakan mesin 1100cc Injeksi G4HG 4 silinder, konsumsi BBM termasuk irit bisa sampe 1-18 dgn Pertamax sepengalaman sy, bisa jadi ada yg lebih irit atau boros tergantung cara nyetir dan ngegasnya
kapasitas olinya jg termasuk hemat untuk penggantian reguler cukup siapkan 2.5liter oli 10W-40 kalau dgn ganti filter sekitar 2.7 liter, biasanya sy pake Fastron techno, untuk filter oli kalau susah dapat bisa menggunakan filter oli honda brio/jazz tp kalau di semarang atau solo sih filter oli orinya mudah didapat harganya sekitar 30-45rb.
awal beli sy ganti timing belt 1 set sekitar 500rb include jasanya*pake belt ori sekitar 300rb, kemudian kuras oli mesin dan oli transmisi 1.9liter, kuras oli power steering krn picanto old ini masih pake PS hidrolis, filter ac dan filter udara juga langsung diganti dlu beli online murah saja klo ga salah 100rb-an dapat 2 filter itu, selang beberapa waktu sy ganti belt ac/ps dan altenator dgn belt ori hyundai harganya 100rb sudah dapat 2 belt tersebut, mesin picanto ini sama dgn yang dipakai Atoz, Visto jadi banyak commonparts nya
karena historinya blm ada pergantian kampas kopling, sy juga sudah ganti kampas koplingnya 1 set semuanya, pas sy beli harga valeo/seco yg mana setau sy OEMnya 1 setnya 650rb sudah dapat laher, kampas, matahari, klo ga salah jasanya 250rb di Solo di salah satu bengkel spesialis Kia, pas ganti kampas kopling ini sy sekalian ganti sil kruk as belakang apa ya yg mulai rembes harganya 60rebu silnya , jasanya gratis krn sekalian ganti kamkop, untuk kopling sih injakannya lumayan, keras banget sih engga, kalau dibandingkan dgn mobil skrng ya keras klo dibandingkan mobil sejamnnya sih ya sama aja, mekanismenya masih konvensional pake sling biasa..performa mesin cukup responsif..nanjak jg siap meski ac on..krn kecil jadi handlingnya mudah..pantauan ok
salah satu penyakit mesin generasi G4HG nya hyundai/kia ini adalah ISC yg suka retak krn bahannya plastik keras, picanto sy jg mengalami terselesaikan dgn baluran plasticsteel dextone hehe utk harga ISC sekitar 300-500an, 700 yg ori,
Picanto Old ini hanya mempunya 1 EF/kipas untuk mendinginkan radiator dan ac, otomatisnya fan akan nyala setiap ac dinyalakan, klo ac tidak dinyalakan fan akan nyala ketika suhu mesin sekitar 98derajat, picanto tidak punya meter gauge suhu hanya ada lampu sensor ketika suhu dingin dan overheat saja, suhu bisa dipantau sesekali dgn menyolokkan OBD Dongle bluetooth 60rebuan feat aplikasi Torque android bisa melihat data data ECU lainnya
untuk ac di angka 1 saja sudah dingin nih mobil kecil, ada heater-nya jg lho tp biasanya sudah banyak di offkan fungsi ini ketika pernah bermasalah kehabisan cairan radiator yg ternyata bocor di sistem heater,dari kabin suara mesinnya termasuk senyap karena di firewall mesin ada peredamnya, kesenyapan kabin untuk ukuran mobil usia 13 tahun masih lumayan tidak ada bunyi aneh2, ada sedikit suara gludug2 dari sektor kaki kaki depan, ini khas picanto, yg penting sudah cek kaki kaki termasuk laher, untuk kenyamanan ya biasa saja tidak ada yg spesial kursi belakang bisa dilipat rata lantai bisa konfigurasi 60-40, seat belt ada 5. kalau dapat versi full optionnya ada yg sudah pake ABS dan tilt steering tp rare tenan.
mobil ini cocok bagi yg suka mobil kecil, keluarga kecil atau tinggal di gang yg jalannya sempit, rumah garasinya sempit, untuk interior sih auranya sudah mobil 2000an, milenium wkwkw bukan mobil 90an apalagi 80an, mobil ini merupakan produk global dijual dibanyak negara selain indonesia, untuk perawatan di bengkel biasa pun asal bengkel bener tidak ada masalah krn mesin injeksinya konvensional saja, tahun 2006 pajaknya sekitar 1.1jt

SUMBER: MOTUBA