Dikutip dari Forum Diskusi Motuba

Banding hasil uji emisi saat idle 3 mesin yang beda generasi dan beda ukuran mesin nya.

Seandainya ada kesempatan untuk uji emisi diatas dyno mesti saya lakuin. Berhubung kemarin ga sempet ya adanya saat idle aja.

Racun paling banyak saat idle dipegang 1997 Mercedes Benz E320 W210 3200CC M104.995 6 silinder segaris NON KATALIS.

Kapasitas mesin 2,6 X lebih besar cc nya dari sigra, emisi Hidrokarbon saat idling macet macetan setara 77 ekor LCGC Daihatsu Sigra yang cuma 1200cc 4 silinder Katalis buatan 2018.

2,8X lipat emisi nya lebih besar diatas Nissan GL Neo 1600CC buatan 2007 dengan mesin QG16DE 1600CC 4 silinder yang juga ber katalis dengan emisi HC 27ppm.

Keliatan jelas banget sigra yang status nya LCGC emang rendah emisi nya. Bukan sekedar omong klobot.

Yang unik, meskipun NON Katalis, mesin M104.995 tetep bisa memproduksi CO Carbon Monoksida dengan konsentrasi yang persentase nya ga jauh beda dengan Sigra LCGC.

Unik nya lagi, E320 3200CC meskipun tanpa katalis masih jauh dibawah ambang batas emisi euro 2 yang sudah katalis diangka 200. Mendekati 1/3 dari ambang batas maksimal nya.

Ini kondisi idle yah anggap aja lagi macet macetan. Akan lebih baik lagi kalo saya sempet dyno ketiga nya, uji emisi diatas dyno. Sayang sekali udah ngga mungkin.

Pengujian ala kadar nya jauh dari sempurna. Hanya patokan kasar yang kasar banget.