Konon katanya melihara beginian ribet, mahal. 
Maka bekas nya nyaris ga ada harga nya. 
Ngga banyak orang yg beneran minat dengan 168 yang berlanjut ke 169 berikutnya. 
Tapi apa mungkin pelihara A lebih mahal dari C atau E yang diatas nya di angkatan tahun yang sama? 

Ideal nya sih, 

A ini yang paling mudah paling murah rawat nya di keluarga bintang. 
Mesin 1400-1600cc saat itu hanya ada di A. 
1400 nya SOHC pula klep cuma 8. 
Turun mesin harusnya ngga semahal turun mesin M104 3200 yg 6 silinder 24 klep DOHC. 
Ganti busi aja ngga perlu 6 biji. 
Skir ngga perlu sampe 24 atau 48 klep. 

C paling kecil 1800. 
E paling kecil 2000. 
S paling kecil 2800. 


A nya pun trim Classic di A140 yang ngga ada elektronik macem macem. 
Paling tinggi A160 Elegance. Itupun jarang banget dibanding A140 yg cuma tersedia trim Classic doang. Ditambah lagi Trim Elegance di A ngga sama seperti Trim Elegance di E. 

Emang sih dia FWD pertama yg dibikin Daimler Chrysler saat itu. Mesin nya juga terkecil pertama yg mereka buat. 

Mobil yg dikenal golongan city car sub kompak ini yg pertama dimainkan bintang. 

Jelek kah? 

Ko rasanya very unlikely yaa... 

Begitu ketauan gagal moose test di oktober 97,

A langsung dapet ESP Electronic Stability Programme sebagai pelengkap ABS, EBD, BAS yg udah ada. 

Itu tahun 98 lhooo udah ada ESP sebagai standar di mobil trim paling bawah. Bukan di chasis high end. 

Sementara kijang krisra paling mewah di tahun 98 saat itu masih karburator.   

A juga inilah yang bawa gambaran design S masa depan keluar tahun 98 yg dikenal W220 S Class. A 168 sedikitpun ngga ada aroma C, E atau S di eksterior nya saat itu yg ada di pasaran. 

Kaki depan nya pun deket nya ke Mc Phaerson bukan double wishbone seperti di C, E dan S. 
Kaki belakang nya juga cuma trailing arm yg ngga seruwet multilink 5 link seperti di C, E dan S. 

Sementara varian disel diluar sana A170 udah CDI common rail disel di tahun 98. 

A140 A160 panel baja lembaran nya dari Sindelfingen, mesin, transmisi, as roda depan dan poros penggerak dari Untertürkheim, pompa oli dan air, poros engkol dan camshaft dari Berlin, differential dari Kassel, sistem kemudi dari Düsseldorf dan akhirnya as roda belakang, manifold knalpot dan rem parkir tipe tuas dari Hamburg. 

Jerman banget kaaaannn... 

Entah bener atau ngga, konstruksi sandwich nya yang bikin maintenance repot. 

Kata pabrik nya sih justru konstruksi begini unggul di kemudahan repair pasca tabrakan. 

https://media.daimler.com/marsMediaSite/en/instance/ko/The-first-generation-of-the-A-Class-168-series.xhtml?oid=9271875