Pada artikel kali ini akan menjadi panduan untuk membedakan Toyota Land Cruiser dari tahun ke tahun berdasarkan spesifikasi, mulai dari AK 10 yang dibuat pada tahun 1950 hingga model Land Cruiser 200 .

1.    AK10
Toyota 4×4 utilitas prototipe pertama, didesain dengan sederhana dengan bodywork terbuka. Dibuat pada tahun 1950.

2.    BJ
Produksi Toyota 4×4 utilitas pertama, dilengkapi dengan mesin seri B dan tiga speed-transmission. Pada seri ini biasanya tidak memiliki pintu, dilengkapi lampu depan yang dipasang besi pelindung pada fender datar. Pada model ini sebenarnya tampilannya hampir mirip dengan AK 10, hanya saja pada model BJ body dibuat lebih besar.

3.    Land Cruiser (20 Series)
Dasar dari seri 20 ini adalah 4×4 utilitas dilengkapi dengan soft top atau logam. BJ25s Land Cruiser dilengkapi dengan mesin seri B, sedangkan FJ25s dilengkapi dengan seri mesin F
Tersedia dalam berbagai tipe, termasuk slightly longer wheelbase permanent top (FJ45V) dan pickup (FJ45).

4.    Land Cruiser (40 Series)
Seri Land Cruiser 40  klasik dalam bentuk FJ40, tampil dengan penampilan dan proporsi yang harmonis. Mempunyai dua pintu, Bumper yang tidak kaku lagi seperti pada seri 20, kaca yang bisa dilipat, dan dilengkapi mesin seri F dan dua speed transfer
Tersedia dalam berbagai jenis, termasuk slightly longer wheelbase permanent top (FJ45V) and a pickup (FJ45).

5.    Land Cruiser (55 Series)
Land Cruiser seri 55 ini tampil dengan body yang lebih panjang dari seri-seri sebelumnya. Memiliki 4 buah pintu Land Cruiser seri 55 mampu menampung penumpang lebih banyak. Diproduksi antara tahun 1967 hingga tahun 1979

6.    Land Cruiser (60 Series)
Land Cruiser Wagon (seri 60) merupakan kelanjutan dari  Seri 55, body mobil dibuat tidak jauh berbeda dengan seri 55 hanya saja pada seri 60 ini tampil lebih simetris. Pada seri ini pintu belakang dibuka dengan cara diangkat ketas, Interior mobilpun kini ditata lebih baik, dengan dasbor yang lebih modis. Dibuat antara tahun 1980 hingga tahun 1989.

7.    Land Cruiser (60 Series)
Land Cruiser seri 70 diperkenalkan menggantikan Land Cruiser 40. Dijual dalam berbagai model di antaranya soft-top, hard-top,FRP top, utility, cab-chassis, dan Troop Carrier (kursi belakang berhadap-hadapan atau face-to-face). Mesin bensinnya diganti dengan mesin baru 4.0L 3F. Ada pula varian 70 Light yang menggunakan suspensi koil pegas (coil spring) sehingga lebih nyaman dikendarai. Mesin lainnya juga tersedia dengan kode 22R 2.4-litre bensin, 2L dan 2L-T ( turbo ) 2.4-litre mesin diesel yang biasanya dipakai di Toyota Hilux.
Land Cruiser 70 Light dijual di beberapa negara dengan nama Bundera atau Landcruiser II, dan merupakan generasi pertama Land Cruiser Prado. Sebuah transmisi otomatis (A440F) juga turut disediakan, menjadikan mobil ini adalah mobil Jepang 4×4 pertama yang menggunakan transmisi otomatis. Dibuat antara tahun 1984 hingga sekarang.

8.    Land Cruiser (60 Series)
Land Cruiser 80 mulai diperkenalkan di akhir 1989. Mempunyai pintu belakang yang salah satu sisinya bisa dibuka (seperti Mitsubishi Kuda), yang kemudian diganti menjadi pintu yang keduanya membuka ke samping. Diluncurkan dengan nama Land Cruiser Autana di pasaran Venezuela dan Kolombia. Dibuat antara tahun 1990 hingga 1997.

9.    Land Cruiser (90 Series)
Diluncurkan pada tahun 1996 menggantikan 70 Light (Land Cruiser II/70 Prado). Merupakan Generasi kedua Land Cruiser Prado, dan dibuat dalam bentuk Wagon short wheelbase berkode 90 dan long wheelbase berkode 95. Dipasarkan di Eropa dengan nama Land Cruiser Colorado. Model short wheelbase JDM memiliki lampu depan bulat, sedangkan model lainnya dengan lampu depan kotak yang sesuai dengan desain bodi. Mesin yang digunakan adalah 2700 cc, 3400 cc, dan 4000 cc bensin, serta 3000 cc diesel. Dibuat antara tahun 1996 hingga tahun 2002

9.    Land Cruiser (100 Series) 
Bulan April 1998, diluncurkan sebuah Land Cruiser baru berkode Land Cruiser 100, menggantikan Land Cruiser 80. Ada 2 versi Land Cruiser, yaitu 100 dan 105.
Land Cruiser 105 mengambil sebagian besar chassis dan powertrain dari 80 series.Menggunakan mesin bensin 6 silinder segaris. Hanya dijual di Afrika, Australia, dan beberapa negara Amerika Selatan.
Land Cruiser 100 menggunakan chassis sedikit lebih lebar, suspensi independen, dan 2 mesin baru. Handlingnya telah diperbaiki sehingga lebih nyaman dikendarai.
Meskipun bodi Land Cruiser 100 dan 105 identik, tapi ada perbedaan di antara keduanya. Pada LC 100, bagian depan mobil terlihat lebih rendah dari bagian belakangnya, karena adanya IFS. Perbedaan lain di antaranya kedua model ini adalah desain bannya.
Diperkenalkannya sebuah mesin V8 juga menjadi hal yang pertama untuk Land Cruiser generasi ini, yang sebenarnya bertujuan untuk meningkatkan penjualan di pasar Amerika Utara. Di Australia, LC 100 dengan mesin V8 hanya tersedia dengan model GXV saja, sedangkan LC 105 tersedia dalam berbagai model dengan mesin bensin 6 segaris tipe 1FZ-FE dan diesel 1HZ. Mesin turbodiesel baru berkode 1HD-FTE baru dipasarkan di Australia tahun 2000 (di Inggris sejak tahun 1998).
Land Cruiser 100 juga menjadi basis dari Lexus LX 470, yang dijual di Jepang dengan nama Land Cruiser Cygnus di Jepang. Di Inggris dan Irlandia, Land Cruiser 100 dipasarkan dengan nama Land Cruiser Amazon dari tahun 1998 sampai 2003.

10.    Land Cruiser (120 Series)
Merupakan lanjutan dari generasi ketiga Land Cruiser Prado, Land Cruiser seri 120 ini dijual di Amerika dengan nama Lexus GX470. Dibuat antara tahun 2002 hingga sekarang.

11.    FJ Cruiser (120 Series)
Toyota FJ Cruiser 2007 menggunakan chassis desain Seri 120 yang dikembangkan pada tahun 2002 dan lebih dioptimalkan pada tahun 2005. Optimasi mencakup peningkatan bahan bakar-tank clearance, 32-inch ban dan lebih artikulasi suspensi dari pada iterasi lain dari Seri 120.

12.    Land Cruiser (200 Series)
Pada tahun 2007, model dari Land Cruiser generasi selanjutnya telah diuji di Oman. Model ini dikenal sebagai Land Cruiser 200, menggunakan platform dan desain yang sama dengan Lexus LX 570.
Untuk pasar internasional, peluncuran Land Cruiser 200 Series dilakukan pada pameran Australian International Motor Show pada akhir 2007, dan juga dijual di Amerika untuk model tahun 2008. Land Cruiser ini juga dijual di Venezuela dengan panggilan “Roraima” (dari Gunung Roraima di Venezuela).
Land Cruiser 200 Series menawarkan beberapa fitur baru dari pendahulunya, di antaranya:
  • Smart Entry – Sebuah sensor pintar yang memungkinkan penggunanya untuk membuka kunci dengan menyentuh gagang pintunya saja sambil membawa remotenya.
  • Smart Start – Tombol Start/Stop untuk menyalakan mobil, tidak diperlukan sebuah kunci.
  • 4-zone climate control pada model Sahara.
  • 10 airbag (kantung udara) (VX & Sahara)
  • Stronger and lighter frame
Beberapa macam teknologi untuk pengendara yang tidak ditemukan di model sebelumnya:
  • CRAWL; sebuah sistem kontrol Penggerak 4 roda yang beroperasi seperti off-road cruise control.
  • Downhill Assist Control
  • Teknologi ABS terbaru, multi-terrain anti-lock braking system (ABS)
  • Kinetic Dynamic Suspension System (KDSS)
Beberapa perbaikan di bagian mesin dan transmisi:
  • Mesin V8 diesel baru berkode VD
  • Transmisi otomatis menjadi standar di semua tipe. Transmisi manual 5 percepatan hanya tersedia dengan mesin 4.0L dan hanya ada di beberapa negara saja. Transmisi otomatis 5 percepatan untuk mesin bensin 4.7L dan otomatis 6 percepatan untuk mesin diesel 4.5L.
Tahun 2009, Land Cruiser mendapatkan ubahan mesin di Jepang. Mesinnya menjadi 4.6L V8 1UR-FE dengan transmisi otomatis 6 percepatan.
Meskipun kapasitas mesinnya lebih kecil dari sebelumnya (4.7 L V8 (4663cc)), tapi keluaran tenaganya meningkat dari 212 kW (284hp) menjadi 234 kW (314 hp), torsinya meningkat dari 448 Nm menjadi 460 Nm. Konsumsi bensinnya pun semakin efisien, dari 6.6 km/liter menjadi 7.1 km/liter.